Liputan6.com, Jakarta Memahami kalium adalah bagian dari elektrolit. Fungsi ini membantu menghantarkan impuls listrik ke seluruh tubuh. Kalium adalah mineral yang dapat ditemukan dalam sebuah makanan. Kalium adalah tidak bisa diproduksi secara alami dari dalam tubuh.

Berasal dari mana sumber kalium itu? Melansir Health Line, pada Jumat (31/12/2021) sumber kalium adalah berasal dari buah (aprikot, pisang, kiwi, jeruk, dan nanas), sayuran (berdaun hijau, wortel, dan kentang), daging tanpa lemak, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan.

Mencukupi kebutuhan kalium adalah penting bagi tubuh manusia. Cukup artinya tidak kurang dan tidak berlebihan. Pria dan wanita membutuhkan asupan kalium yang berbeda-beda. Dicontohkan melansir dari Medical News Today, pada Jumat (31/12/2021) pria usia 19 tahun ke atas membutuhkan kalium 3.400 mg/hari dan wanita 2.600 mg/hari.

Apa fungsi kalium bagi manusia? Dipaparkan oleh Health Line, fungsi kalium adalah melakukan kontrol pada tekanan darah, mengurangi retensi air, kontraksi otot, impuls saraf atau mencegah stroke, menjaga pencernaan, mengontrol ritme jantung, dan menjaga keseimbangan pH.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang kalium, Jumat (31/12/2021).